Senin, 28 Desember 2009

10 Hal Mengenai Laba-laba

1. Laba-laba itu enak lho!

Tarantula dianggap enak di sebagian belahan dunia, seperti di Kamboja dan Venezuela. Bagi agan2 yg mo coba, jangan lupa bersihkan dulu rambut2 bagian luar tarantulanya karena sifatnya yg bisa bikin iritasi Kata seorang penduduk Kamboja, "Rasanya mirip2 crickets, cuma jauh lbh enak." 

2. Laba-laba itu hijau lho!

Bukan warna laba2nya maksudnya, tapi laba2 tertentu dapat menghasilkan racun yang hanya berbahaya untuk 1 spesies aja, misalnya spesies serangga perusak tanaman, namun tidak berbahaya untuk spesies lainnya, seperti burung, manusia, atau mamalia lainnya. Udah gitu, serangga2 tersebut ga akan jadi resistant secara alamiah (naturally resistant) terhadap racun si laba2. Dengan demikian, si laba2 merupakan insektisida yang ramah lingkungan.

3. Laba-laba itu ahli kimia lho!

Sutra laba2 sangat mengagumkan dan manusia dapat mengambil keuntungan darinya dg mempelajarinya dan mungkin mensintesanya. Sutra ini sifatnya bahkan lebih kuat daripada baja. Aplikasinya ada yang berupa Kevlar. Sutra ini jg dapat direntangkan hingga 30% dari panjangnya dan beratnya sangat ringan: sutra tunggal sepanjang 40.000 kilometer beratnya cuman 450 gram. 

4. Laba-laba itu tukang kebun yg hebat lho!

Laba2 suka makan serangga dan mereka memakan serangga lbh banyak daripada burung, sehingga mereka menjadi pengontrol hama yg lbh baik. 

5. Laba-laba itu pengecut lho!

Beberapa jenis laba2 adalah spesies yang pengecut dan bener2 ga suka mengganggu manusia. Ketika mereka ada di badan agan2, mereka mungkin aja pengen cepet2 kabur seperti agan2 pengen mereka cepet2 menyingkir dari badan agan2. 

6. Laba-laba bisa membawa keberuntungan lho!

Laba2 merupakan simbol keberuntungan untuk weavers dan spinners, bahkan untuk mereka yang kerja di industri garmen. Tradisi di suku Indian Pueblo (barat daya Amerika Utara) menyebut dewi pencipta sebagai Spider Woman. 

7. Laba-laba adalah pemburu beracun!


Dari sekitar 40.000 spesies laba2 yg uda diketahui, hanya beberapa yg diketahui sebagai non-predator. Lainnya... tentu aja predator. Dan kurang dari 50 spesies dilaporkan berbahaya bagi manusia. Ada 2 klasifikasi utama untuk laba2 beracun, yaitu necrotic yang menyerang jaringan lembut dan neurotoxic yang menyerang sistem saraf. 

8. Beberapa laba2 itu makhluk sosial lho!

Hampir semua laba2 itu pemburu yg menyendiri. Namun beberapa spesies bersifat sosial dan membentuk koloni. Koloni Anelosimus eximius dapat berisi sekitar 20.000 ekor laba2. Ckckck...

9. Laba-laba suka sama kita!

Maksudnya suka itu adalah, mereka menyukai tempat hidup kita. Ga kaya makhluk2 beracun lainnya, mereka dapat hidup dengan baik di habitat yang sama dengan habitat manusia. Di USA sana, Black Widow dan Brown Recluse dapat ditemukan di rumah2. Di Australia, Redblack dapat ditemukan hampir di mana2, dan mereka sangat menyukai pemukiman urban yg padat. Gambar menunjukkan The Sydney Funnel-web spider.

10. Laba-laba itu menakutkan!

Laba2 dapat menyebabkan Arachnophobia, yaitu fobia terhadap laba2.

Credit : Kaskus + TVXQIndonesia

Tidak ada komentar: