Kamis, 17 Desember 2009

Gusi Sehat dengan Teh Hijau, Buat yang sering gusinya berdarah

Gusi Sehat dengan Teh Hijau, Buat yang sering gusinya berdarah

Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di Journal of Periodontology mengungkapkan bahwa minuman teh hijau dapat memberikan keuntungan bagi kesehatan jaringan periodontal.

Teh hijau yang dipercaya oleh pengobatan Cina dan Jepang untuk menyembuhkan penyakit dan luka, sudah cukup banyak diteliti ilmuwan modern mengenai potensi keuntungan kesehatan yang diberikannya, diantaranya untuk penurunan berat badan, kesehatan jantung, dan pencegahan kanker. Kini peneliti dari Kyushu University di Jepang menemukan bahwa rutinitas minum teh hijau ternyata juga dapat membantu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi.

Penelitian yang dilakukan terhadap jaringan periodontal dari 940 laki-laki berusia 49 sampai 59 tahun ini memperlihatkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi minuman teh hijau memiliki kesehatan periodontal yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsinya.

Ada tiga indikator yang dipakai dalam penelitian yang dipimpin oleh Yoshihiro Shimazaki ini; kedalaman poket periodontal, clinical attachment loss, dan bleeding on probing. Para peneliti mengamati adanya penurunan dari tiga indikator tersebut dari setiap secangkir teh hijau yang dikonsumsi setiap harinya.

Kemampuan teh hijau dalam membantu mengurangi gejala dari penyakit periodontal mungkin berhubungan dengan antioksidan catechin yang terkandung di dalamnya. Penelitian sebelumnya telah mengungkapkan antioksidan mampu mengurangi inflamasi yang ada di dalam tubuh.



Dr. David Cochran, DDS. PhD., President of the American Academy of Periodontology dan Chair of the Department of Periodontics di University of Texas Health Science Center mengatakan bahwa para ahli periodontal percaya bahwa menjaga kesehatan gusi sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan cara yang sederhana untuk meningkatkan kesehatan periodontal, seperti rutinitas minum teh hijau ini.

Antioxidants In Green Tea May Help Reduce Periodontal Disease

============ ========= ==
Gigi Sehat Badan Sehat
Artikel Berita Informasi Seputar Kesehatan Gigi dan Umum

http://gigisehatbad ansehat.blogspot .com/

__._,_.___
Messages in this topic (2) Reply (via web post) | Start a new topic
Messages | Members | Calendar
Website : http://www.fkg.unpad.ac.id
Friendster : http://www.friendster.com/fkgunpad


Credit. Milis FKG UNPAD
Shared by. Aria Fransiska, SKG. a.k.a U-Know Afra @TVXQINDO + Cassiopeialovers

Tidak ada komentar: