Sabtu, 20 November 2010

Dampal Positif dan Negatif Dari Pola Hidup Konsumtif

Pola konsumtif adalah suatu sifat yang sangat mendasar pada kehidupan setiap orang. Sehingga hampir semua orang memiliki sifat ini, tidak hanya orang yang memiliki taraf hiudp tinggi, terkadang orang yang memiliki taraf hidup rendah juga mempunyai sifat ini. walau cenderung orang yang memiliki pola hidup yang tinggi yang lebih banyak memiliki sifat ini, ada pun dampak-dampak dari pola konsumtif ini adalah :

- Dampak Positif :
1.Dengan adanya modernisasi terhadap barang-barang teknologi dapat merubah tata nilai dan sikap masyarakat yang awalnya irasional menjadi rasional dengan menggunakan barang teknologi tersebut.

2.Berkembangnya ilmu pengatahuan dan teknologi dapat mempermudah masyarakat dalam melaksanakan kegiatan dan mendorong masyarakat untuk bersifat lebih maju. Sekarang ini banyak perusahaan yang menggunakan barang-barang berteknologi canggih dalam melaksanakn kinerja perusahaannya.

3. Dengan adanya sifat konsumtif maka barang-barang yang dubutuhkan oleh masyarakat akan lebih banyak lagi sehingga perusahaan akan membutuhkan banyak tenaga kerja dalam pembuatan barang tersebut. Oleh karena itu pola hidup konsumtif dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada.

- Dampak Negatif :
1. Dengan mengkonsumsi atau menggunakan barang-barang berteknologi canggih kebanyakan orang-orang pada saat ini ingin hidup individualisme, mereka merasa tidak membutuhkan orang lain lagi dalam melaksanakan tugas mereka. Sehingga kadang mereka lupa bahwa mereka merupakana makhluk sosial yang seharusnya hidup bersama-sama.

2. Pola hidup konsumtif juga dapat menggeser nilai budaya kita. Dengan mengkonsumsi atau menggunakan barang-barang berteknologi canggih banyak anak-anak pada zaman sekarang ini menjadi malas, mereka merasa lebih baik bermain game daripada belajar atau lebih baik bermain game daripada membantu orang tua. Dan yang paling buruk adalah banyak anak zaman sekarang tidak lagi hormat kepada orang tuanya.

Jadi sebaiknya hindarillah pola hidup konsumtif yang berlebihan, karena ini kurang baik dalam kehidupan kita. walau kita menggunakan pola hidup konsumtif, setidaknya kita harus bisa membuat pola hidup konsumtif itu bermanfaat untuk kita.

Tidak ada komentar: